Monday, July 22, 2013

Pentingnya Tidur Siang Untuk Anak

 Vemale.com - Tidur siang sama pentingnya dengan tidur malam bagi anak. Anak-anak membutuhkan waktu untuk mengisi kembali energi dan memulihkan stamina mereka setelah banyak bergerak. Pengisian energi dan pemulihan stamina tersebut didapat saat tidur siang.
Charles Shubin, seorang dokter dari Children's Health Center of Mercy Family Care di Baltimore, mengungkapkan bahwa tidur siang bermanfaat untuk menghemat energi anak, mengingat pada masa anak-anak mereka sangat aktif sehingga membutuhkan banyak asupan energi.
Selain itu, masih menurut Shubin seperti yang dikutip dari webmd.com, anak-anak membutuhkan jam tidur yang cukup untuk proses pertumbuhannya. Sebagian proses pertumbuhan terjadi pada saat tidur siang. Oleh karena itu, tidur siang penting bagi anak.
Ketika bayi lahir, jam tidur yang dibutuhkannya bisa mencapai 20 jam perhari. Dalam 20 jam tersebut, anak bisa tidur siang hingga 3 sampai 4 kali. Seiring dengan anak yang mulai besar, jam tidur semakin berkurang. Tidur siang anak pun berkurang hingga 1 kali saja perhari selama 1-2 jam.
Pada bayi, jam tidur siang cenderung terbentuk berdasarkan jadwal menyusui. Katakanlah ladies menyusui setiap 3 jam sekali, maka secara otomatis, bayi akan terbangun pada jam-jam menyusui lalu kembali tidur setelahnya. Keteraturan inilah yang kemudian membuat anak menemukan jadwal jam tidurnya secara otomatis.
Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

0 comments:

Post a Comment