Tuesday, March 19, 2013

Jejaring Sosial

Siapa sih yang nggak tahu sama jejaring sosial ??
Anak SD aja sekarang sudah mengenal Facebook, Tweetter bahkan Blog.
Kadang - kadang kita yang sudah dewasa ini malah kalah sama mereka.
biar nggak dianggap Gaptek - gaptek amat, ini aku bagiin beragam jejaring sosial dari yang paling tua sampai yang lagi booming saat ini :)

Friendster
Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia. 
Jonathan Abrams sang pencipta friendster mampu membuat friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik setiap bulannya dan pernah menjadi situs terbesar pada masanya itu , namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja.

Friendster ini hampir sama dengan Facebook, tapi friendster lebih minimalis dan nggak sebooming facebook. Kita juga bisa upload foto dan update status di situ. Hampir sama dech cara penggunaannya.Friendster pertama kali di launching pada tahun 2002 dan diubah menjadi social gaming site pada 2012.

Twitter
Kini jejaring Twitter tentu tak asing lagi bagi banyak orang. Dengan kelebihannya yang praktis dalam menyampaikan informasi sebanyak kurang dari 140 karakter, twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling populer saat ini. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey dibantu oleh dua orang temannya, Biz stone dan Evan Williams ketika usianya baru 24 tahun, Jack ingin membuat sebuah jejaring sosial dimana ia bisa berbagi kabar dengan teman-temannya secara cepat. Twitter pun semakin terkenal dengan variasi pengguna mulai dari remaja, artis, penulis, hingga media cetak dan berbagai brand produk terkemuka.


Facebook
Siapa yang nggak tahu tentang facebook?? Bahkan anak bayipun sudah bisa aksis di facebook lho (dengan bantuan ortunya pasti).
Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg ketika ia masih berstatus mahasiswa. Berawal dari sebuah network project, Mark yang dibantu tiga orang temannya berhasil menciptakan social network yang beranggotakan anak-anak kampusnya di Harvard. Dalam hitungan bulan facebok meluas ke kampus-kampus lain seperti MIT, NYU, Boston Univeristy, dll sampai akhirnya resmi diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat luas. Hanya empat bulan setelah diluncurkan facebook meraih keuntungan sebesar 1.5 milyar US dollar atau Rp. 13 Triliun, yang membuat Mark menjadi milyarder termuda di dunia.

Tumbler
David Karp merupakan pendiri situs mini-blogging,dan pengembang tumbler. Pada usia 19 tahun, Karp berhasil menciptakan sebuah situs mini-blogging dengan desain dan aplikasi yang berbeda dibanding blogger atau wordpress. Meskipun sudah terkenal dan kaya lewat Tumblr, kini Karp sedang sibuk menjalani profesi sebagai sebuah foto model sebuah brand terkemuka di Jepang.

Blogger
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh “Jorn Barger” pada bulan Desember tahun 1997.Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara continue dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Evan Williams dan Meg Hourihan adalah dua tokoh pendiri perusahaan Pyra Labs. Produk pertama dari perusahaan Pyra Labs bernama "Pyra". Pyra merupakan sebuah Aplikasi Web yang menggabungkan project manager, contact manager, dan to-do list. Pada tahun 1999, dasar-dasar Pyra di reporpuse menjadi sebuah in-house tool menjadi "Blogger". Blogger secara resmi diluncurkan oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999.  
Pada bulan Februari 2003, Pyra Labs di akusisi Oleh Google. Pada bulan Oktober 2004, Evan Williams sebagai salah satu pendiri Pyra Labs atau Pyra Labs' co-founder, meninggalkan Google. Pada tahun yang sama, tahun 2004, Google membeli Picasa. Google membeli Picasa untuk memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau gambar yang mereka miliki untuk di simpan ke blog mereka.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.



Wordpress
Charles Mullenweg adalah pendiri sekaligus pengembang situs blogging wordpress. Ide untuk membuat wordpress didapatnya ketika usianya baru 18 tahun (2002), tetapi baru pada usia 19 tahun Matt dan rekannya, Mike Little, mulai mengembangkan coding wordpress. Walaupun di drop out (DO) dari kampusnya, Matt berhasil membuktikan bahwa Ia bisa menjadi pengusaha muda dan sukses. Pada awal tahun 2009 Matt Mullenweg pernah berkunjung ke Indonesia untuk menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

Jadi, ayo keluar dari dalam kotak dan temukan teman - temanmu sebanyak - banyaknya :)




Jangan lupa add facebook ku atau follow twitter  dan jangan bosen - bosen buat kunjungin blog ku :)

0 comments:

Post a Comment